Tau kah kamu, Ponsel kita juga bisa berpotensi menjadi carrier virus? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, virus Corona dapat bertahan selama antara 2 jam hingga 9 hari di permukaan seperti kaca, metal atau plastik, yang mana merupakan bahan yang sering digunakan pada ponsel kita. 

Cara membersihkan ponsel untuk pencegahan terhadap coronavirus

  1. Matikan dulu ponsel, lepaskan casing/cover ponsel dan semua aksesoris yang menempel
  2. Usap dengan kain lembut permukaan luar ponsel
  3. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada ponsel karena dapat merusak perangkat, terutama lapisan oleophobic yang membantu melindungi layar dari noda sidik jari. Cairan dan air bahkan bisa masuk ke ruang terbuka, sehingga Anda akhirnya dapat merusak ponsel Anda. Untuk membersihkan ponsel, basahi bagian ujung kain pembersih Anda dengan cairan desinfektan.
  4. Nah kamu bisa menggunakan larutan HOCl (50-80 ppm) untuk membersihkan ponselmu, usap bagian depan dan belakang ponsel dengan lembut. Hindari menyeka ponsel secara berlebihan.

Pencegahan tentu saja merupakan cara terbaik dalam situasi ini. Setelah Anda mendesinfeksi ponsel Anda, berhati-hatilah saat menggunakannya di luar rumah. Tetap jaga agar berada Anda, jangan meletakkannya dan jangan serahkan ke siapa pun. Ini adalah gangguan sementara tetapi bisa sangat membantu melindungi kesehatan dan keselamatan Anda serta orang-orang yang Anda cintai.

Sumber : https://www.sammobile.com/news/samsung-guide-how-to-clean-your-phone-coronavirus/